Penerapan Metode Talaqqi Dalam Hafalan Siswa Pada Ekstrakurikuler Tahfiz Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah 68
Kata Kunci:
Talaqqi, Tahfiz, Madrasah Aliyah, Al-Qur’anAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode talaqqi dalam hafalan siswa pada Ekstrakurikuler Tahfiz di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 68. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi diterapkan dalam hafalan siswa di Ekstrakurikuler Tahfiz Madrasah Aliyah Al-Washliyah Swasta 68 dengan beberapa tahapan, yaitu: 1. Pendahuluan 2. Kegiatan Inti 3. Penutup. Melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini mengungkap manfaat dari penerapan metode talaqqi di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah 68, seperti peningkatan hafalan, pemahaman, dan keimanan. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam penerapan metode ini, terutama terkait sumber daya manusia dan karakteristik peserta didik. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan program tahfiz yang lebih efektif dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan metode talaqqi.
Unduhan
Referensi
Abdul Rahmat. Pengantar Pendidikan: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Manajemen Qolbun Salim
Amroeni Drajat (2017), Ulumul Qur’an;Pengantar Ilmu Al-Qur’an, Depok: Kencana
Azis Rizalludin (2019), “Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahsin dan Tahfiz Al-Qur’an” jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung vol. 1 No.1
Anhar (2021), Metode Penelitian Kualitatif untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: Kencana
Adhi Kusumastuti dan Ahmad Mustamil Khoiron (2019), Metode Penelitian Kualitatif, Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo
A. Rosmiaty Azis (2016), Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sibuku
Ainun Nikmaty Laily dkk (2020), Model Pembelajaran Formula ABCDE dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior;Teori dan Penerapannya, Tulungagung: Akademia Pustaka
Abdul Rachman Saleh (2005), Pendidikan Agama dan Watak Bangsa, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Abu Hasan Mubarak dkk (2019), “Implementasi Program Tahfiz Al-Qur’an di SDN 013 Penajam, Penajam Paser Utara” Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan vol. 1, No. 1
Bagus Rahmadi (2021), Panduan Tahfiz Qur’an, Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Candra Wijaya & Syahrum (2013), Penelitian Tindakan Kelas, melejitkan kemampuan peneliti untuk Meningkatkan kualitas Pembelajaran Guru, Bandung: Citapustaka Media Perintis
Gita Silvia dkk (2023), “Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Menggunakan Metode Talaqqi”, At-Thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam UIN Raden Intan Lampung Volume 5 No. 1
Herman dan Laode Anhusadar (2022), “Pendidikan Islam Anak Suku Bajo: Penelitian Lapangan pada Suku Bajo”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6
Hambali Alman Nasution dan Suyadi (2020), “ Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Humanistik dengan Pendekatan Active Learning di SDN Nigopuro Gowok”, jurnal UIN Sunan Kali Jaga Volume 17 No.1
Indal Abrar ( 2022), Metode Pembelajaran Al-Qur’an; Kumpulan Metode-metode Belajar Huruf Al-Qur’an, Yogyakarta: Suka-Press
La Ode Muharam dkk (2023), Teori-Teori Belajar Perspektif Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran, Jawa Tengah: Eureka Media Aksara
Listri Anisa ( 2023), “ Pengaruh Penerapan Metode Talaqqi Terhadap Kefasihan Membaca Huruf-Huruf Al-Qur’an di TPA Al-Ahbab” Skripsi UIN Ar- Raniry Darussalam Aceh
Lukman Asha (2020), Manjemen Pendidikan Madrasah: Dinamika dan Studi Perbandingan Madrasah dari Masa ke Masa, Yogyakarta: Azyan Mitra Media
Muhammad Iskandar dkk (2015), Sejarah Kebudayaan Islam Indonesia Jilid 3, Jakarta, Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Mursal Aziz dkk(2020), Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam, Banten: Media Madani
Mimin Yatminiwati (2019), Manjemen Strategi: Buku Ajar Bagi Mahasiswa, Jawa Timur: Widya Gama Press
Ma’ruf Abdullah (2015), Metode Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Muhammad Hasan dkk ( 2021), Teori- Teori Belajar, Klaten: Tahta Media Group
Muhammad Athaillah (2020), ” Penerapan Metode Talaqqi di Pondok Pesantren Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kabupaten Kapuas”, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Palangka Raya
Nurindah (2019), “Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Ektrakurikuler Keagamaan (Tahfidz) di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan” Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unuversitas Islam Negeri Sumatera Utara
Neliwati (2013), Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Sumatera Utara, Medan: IAIN Press
Nur, H., Sari Atika, P., & Indah Dina, P. (2023). Pola Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah YAPI Sipare-Pare. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 70-76.
PerMenDikBud RI No. 64 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah
Rusydi Ananda (2019), Perencanaan Pembelajaran, Medan: LPPPI
Rohmad Mulyana (2004), Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta
R. Anisya Dwi Septiani dkk (2022), “Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca”. Jurnal Perseda volume 5
Rumsa, J., Novianti, W., & Pratiwi, I. D. (2023). Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghapal Al-Qur’an Juz 30 Siswa Kelas VI SD IT Permata Hati Kota Tebing Tinggi. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 118-123.
Ricu Sidiq dkk (2019), Strategi Belajar Mengajar Sejarah: Menjadi Guru
Sukses, Yayasan Kita Menulis
Siti Nurhasanah dkk (2019), Strategi Pembelajaran, Jakarta Timur: Edu Pustaka
Sulaiman (2017), Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI), Banda Aceh: Yayasan PeNa
Suharsimi Arikunto (2017), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiyono (2017), Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alvabeta
Sugiyono dkk (2008), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa
Tika Kartika (2019). “ Manajemen Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an berbasis Metode Talaqqi “,Jurnal Islamic Education Manajemen vol. 4
Yahya Abdul Fattah (2018), Revolusi Menghafal Al-Qur’an, Surakarta: Insan Kamil
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sufyan, Ismail, Indah Dina Pratiwi (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.