Penerapan Metode Talaqqi Dalam Hafalan Siswa Pada Ekstrakurikuler Tahfiz Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah 68

Penulis

  • Sufyan STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Ismail STAI Tebingtinggi Deli Penulis
  • Indah Dina Pratiwi STAI Tebingtinggi Deli Penulis

Kata Kunci:

Talaqqi, Tahfiz, Madrasah Aliyah, Al-Qur’an

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode talaqqi dalam hafalan siswa pada Ekstrakurikuler Tahfiz di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 68. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi diterapkan dalam hafalan siswa di Ekstrakurikuler Tahfiz Madrasah Aliyah Al-Washliyah Swasta 68 dengan beberapa tahapan, yaitu: 1. Pendahuluan 2. Kegiatan Inti 3. Penutup. Melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini mengungkap manfaat dari penerapan metode talaqqi di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah 68, seperti peningkatan hafalan, pemahaman, dan keimanan. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam penerapan metode ini, terutama terkait sumber daya manusia dan karakteristik peserta didik. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan program tahfiz yang lebih efektif dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan metode talaqqi.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abdul Rahmat. Pengantar Pendidikan: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Manajemen Qolbun Salim

Amroeni Drajat (2017), Ulumul Qur’an;Pengantar Ilmu Al-Qur’an, Depok: Kencana

Azis Rizalludin (2019), “Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahsin dan Tahfiz Al-Qur’an” jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung vol. 1 No.1

Anhar (2021), Metode Penelitian Kualitatif untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: Kencana

Adhi Kusumastuti dan Ahmad Mustamil Khoiron (2019), Metode Penelitian Kualitatif, Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo

A. Rosmiaty Azis (2016), Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sibuku

Ainun Nikmaty Laily dkk (2020), Model Pembelajaran Formula ABCDE dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior;Teori dan Penerapannya, Tulungagung: Akademia Pustaka

Abdul Rachman Saleh (2005), Pendidikan Agama dan Watak Bangsa, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Abu Hasan Mubarak dkk (2019), “Implementasi Program Tahfiz Al-Qur’an di SDN 013 Penajam, Penajam Paser Utara” Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan vol. 1, No. 1

Bagus Rahmadi (2021), Panduan Tahfiz Qur’an, Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Candra Wijaya & Syahrum (2013), Penelitian Tindakan Kelas, melejitkan kemampuan peneliti untuk Meningkatkan kualitas Pembelajaran Guru, Bandung: Citapustaka Media Perintis

Gita Silvia dkk (2023), “Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Menggunakan Metode Talaqqi”, At-Thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam UIN Raden Intan Lampung Volume 5 No. 1

Herman dan Laode Anhusadar (2022), “Pendidikan Islam Anak Suku Bajo: Penelitian Lapangan pada Suku Bajo”. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6

Hambali Alman Nasution dan Suyadi (2020), “ Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Humanistik dengan Pendekatan Active Learning di SDN Nigopuro Gowok”, jurnal UIN Sunan Kali Jaga Volume 17 No.1

Indal Abrar ( 2022), Metode Pembelajaran Al-Qur’an; Kumpulan Metode-metode Belajar Huruf Al-Qur’an, Yogyakarta: Suka-Press

La Ode Muharam dkk (2023), Teori-Teori Belajar Perspektif Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran, Jawa Tengah: Eureka Media Aksara

Listri Anisa ( 2023), “ Pengaruh Penerapan Metode Talaqqi Terhadap Kefasihan Membaca Huruf-Huruf Al-Qur’an di TPA Al-Ahbab” Skripsi UIN Ar- Raniry Darussalam Aceh

Lukman Asha (2020), Manjemen Pendidikan Madrasah: Dinamika dan Studi Perbandingan Madrasah dari Masa ke Masa, Yogyakarta: Azyan Mitra Media

Muhammad Iskandar dkk (2015), Sejarah Kebudayaan Islam Indonesia Jilid 3, Jakarta, Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Mursal Aziz dkk(2020), Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam, Banten: Media Madani

Mimin Yatminiwati (2019), Manjemen Strategi: Buku Ajar Bagi Mahasiswa, Jawa Timur: Widya Gama Press

Ma’ruf Abdullah (2015), Metode Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Muhammad Hasan dkk ( 2021), Teori- Teori Belajar, Klaten: Tahta Media Group

Muhammad Athaillah (2020), ” Penerapan Metode Talaqqi di Pondok Pesantren Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kabupaten Kapuas”, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Palangka Raya

Nurindah (2019), “Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Ektrakurikuler Keagamaan (Tahfidz) di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan” Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unuversitas Islam Negeri Sumatera Utara

Neliwati (2013), Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Sumatera Utara, Medan: IAIN Press

Nur, H., Sari Atika, P., & Indah Dina, P. (2023). Pola Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah YAPI Sipare-Pare. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 70-76.

PerMenDikBud RI No. 64 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Rusydi Ananda (2019), Perencanaan Pembelajaran, Medan: LPPPI

Rohmad Mulyana (2004), Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta

R. Anisya Dwi Septiani dkk (2022), “Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca”. Jurnal Perseda volume 5

Rumsa, J., Novianti, W., & Pratiwi, I. D. (2023). Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghapal Al-Qur’an Juz 30 Siswa Kelas VI SD IT Permata Hati Kota Tebing Tinggi. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15(2), 118-123.

Ricu Sidiq dkk (2019), Strategi Belajar Mengajar Sejarah: Menjadi Guru

Sukses, Yayasan Kita Menulis

Siti Nurhasanah dkk (2019), Strategi Pembelajaran, Jakarta Timur: Edu Pustaka

Sulaiman (2017), Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI), Banda Aceh: Yayasan PeNa

Suharsimi Arikunto (2017), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono (2017), Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alvabeta

Sugiyono dkk (2008), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa

Tika Kartika (2019). “ Manajemen Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an berbasis Metode Talaqqi “,Jurnal Islamic Education Manajemen vol. 4

Yahya Abdul Fattah (2018), Revolusi Menghafal Al-Qur’an, Surakarta: Insan Kamil

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Sufyan, Ismail, & Dina Pratiwi, I. (2024). Penerapan Metode Talaqqi Dalam Hafalan Siswa Pada Ekstrakurikuler Tahfiz Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah 68. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 10-17. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/79

Artikel Serupa

1-10 dari 104

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.