Persamaan Hak Pendidikan Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Islam

Penulis

  • Muhammad Zein Damanik STAI Panca Budi Perdagangan Penulis
  • Suvina Ajijah STAI Panca Budi Perdagangan Penulis

Kata Kunci:

Gender, Pendidikan, Islam

Abstrak

Islam adalah agama yang menjunjung tinggi nilai keadilan dan kesetaraan, serta mengandung prinsip-prinsip persamaan. Laki-laki dan perempuan sama-sama merupakan makhluk Allah, sebagai khalifah di bumi, dan memiliki potensi untuk mencapai kemampuan optimal. Kesetaraan gender merupakan agenda utama gerakan feminisme. Sejak masuknya wacana gender dalam agama Islam, beberapa pemikir.(Ardiyani, 2017) Muslim terpengaruh oleh konsep gender ini. Mereka beranggapan bahwa Islam yang datang pada masa Nabi memiliki kesamaan dengan konsep gender yang dibawa oleh feminisme. Akhirnya, banyak teks hukum dan ayat-ayat yang mengatur hubungan antara laki-laki dan perempuan ditinjau ulang agar sesuai dengan perspektif kesetaraan gender. Permasalahannya adalah banyak konsep yang tidak sejalan, bahkan bertentangan dengan konsep keadilan dalam Islam. Oleh karena itu, konsep kesetaraan gender dalam pendidikan agama Islam perlu diketahui agar tidak terjadi bias gender dalam pendidikan. Hak perempuan untuk memperoleh pendidikan dan meraih prestasi yang sama. (Hasyim, n.d.)

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Al-Qur'anul Karim

Machali, I. (2016). Islam Memandang Hak Asasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 27(1), 1. https://doi.org/10.15575/jpi.v27i1.492

Wahyuni, Z. M., Lestari, F., & Hasanah, U. (2020). Kepemimpinan Dan Gender Dalam Lembaga Pendidikan Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 26–37. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i1.2246

Yapandi. (2015). Pendidikan Luar Sekolah (Pls)Mendidik Untuk Membangun Karakter Bangsa. In IAIN Pontianak Press (pp. 1–15).

Sartika, L., Irawati, I., & Amalia, S. (2023). Problematika Supervisi Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 56-63.

Sartika, L., & Asni, N. (2023). Aplikasi Praktis Supervisi Pendidikan Islam. Jurnal Al Wahyu, 1(1), 115-122.

Sartika, L., & Wulandari, D. (2023). Institusi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 2-6.

Sartika, L., & Afriani, N. (2023). Metode Dan Strategi Pembelajaran Dalam Piaud. Jurnal Al Athfaal, 1(1), 7-13.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Damanik, M. Z. ., & Ajijah, S. . (2025). Persamaan Hak Pendidikan Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Islam. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 480-484. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/441

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 207

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.