Increasing Student Activity Using the Scramble Model in SKI Subjects at MA Darul Ulum
Kata Kunci:
Keaktifan Siswa, Model Scramble, Dan MA Darul Ulum.Abstrak
Abstrak
Penulisan ini memiliki tujuan agar siswa menjadi lebih aktif saat belajar di sekolah pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Darul Ulum dengan menggunakan model pembelajaran Scramble. Model Scramble adalah metode pembelajaran kooperatif yang mengajak siswa untuk berpikir kritis dengan cara menyusun informasi atau kalimat yang diacak. Metode ini diharapkan dapat membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik, sehingga meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar. Metode yang di gunakan dalam penulisan ini adalah Metode Kualitatif yang mana pengumplan data di lakukan dengan cara Observasi, wawancara dan Dokumentasi di MA Darul Ulum. Penulis menemukan dalam penerapan model Scramble mampu meningkatkan keaktifan siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi, berani mengajukan pertanyaan, serta lebih antusias mengikuti proses pembelajaran. Peningkatan keaktifan siswa juga berdampak positif pada hasil belajar, terlihat dari peningkatan nilai ulangan harian siswa. Dengan demikian, model Scramble dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SKI di MA Darul Ulum.
Unduhan
Referensi
Amaliyatul Ulya and Ahmad Arifi. "Media Game Edukasi Quizizz dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa." Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan (2021). https://doi.org/10.14421/EDULAB.2021.61.07.
Niken Puspa Satrya Putri, Nurul Astuty Yensy and Della Maulidiya. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 13 KOTA BENGKULU." Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) (2019). https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.172-179.
A. Dimyati, Anselmus J. E. Toenlioe and Eka Pramono Adi. "Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Surah At-Tin Siswa Kelas V." , 2 (2019): 261-267. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p261.
Meliyanti, Destik. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Ranah Afektif Kelas Vii Di Mts An-Nur Pelopor Bandar Jaya Lampung Tengah. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2018.
Rasyidin, Al, Solihah Titin Sumanti, and Nasrul Syakur Chaniago. "Penulisan Buku Berbasis Penelitian Kelompok." (2015).
Harmonika, Sri, Muhamad Sadaruddin, and M. Gunawan Supiarmo. "Implementasi Metode Pembelajaran Timeline Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs NW Suralaga." At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2.1 (2022): 11-22.
STRAUSS, Anselm; CORBIN, Juliet. Penelitian kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003, 165.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Meilanie, Jasiah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.