Pengembangan Bahan Ajar Materi Rukhsah Berbasis Digital Mind Mapping Dengan Menggunakan Model Ross

Penulis

  • Ana Melia Ningsih IAIN PALANGKA RAYA Penulis
  • Jasiah IAIN Palangka Raya Penulis

Kata Kunci:

Pengembangan, Bahan Ajar, Model Ross, Mind Mapping

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi Rukhsah berbasis digital mind mapping yang dapat menjadi sarana bahan ajar tambahan dalam membantu guru dalam mengajar serta dapat menjadi bahan belajar siswa. Selain itu, penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengevaluasi kevalidan dan kefektifan bahan ajar berbasis mind mapping ini. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Ross ( Marrison,Ross and Kemp). Peneliti hanya menggunakan 5 tahapan dalam model ini yaitu masalah pengajaran, karakteristik siswa, Analisis Tugas, Tujuan Pengajaran, dan urutan materi. Pengembangan ini menggunakan instrument lembar validasi ahli materi dan media serta angket respons siswa dan guru. Hasil penelitian ini adalah terciptanya bahan ajar berbasis mind mapping ntuk materi Rukhsah dan bahan ajar materi Rukhsah berbasis digital mind mapping ini layak digunakan sesuai dengan hasil validasi ahli materi dan ahli media serta uji coba dilapangan. Pengggunaan bahan ajar berbasis mind mapping dapat membantu guru dalam mengajar materi Rukhsah dengan lebih kreatif dan membantu siswa memahami materi Rukhsah dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian bahan ajar berbasis mind mapping pada materi Rukhsah yang dikembangkan dengan model Ross ini dapat membantu guru dan siswa dan bahan ajar ini dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran karena dinilai kreatif dan praktis. Kesimpulan ini didukung dengan respons guru dan siswa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Asiva Noor Rachmayani. (2021). Model Pembelajaran Addie Integrasi Pedati Di Smk Pgri Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19.

Isnawan, M. G., & Wicaksono, A. B. (2018). Model Desain Pembelajaran. In Indonesian Journal Of Mathematics Education (Vol. 1, Issue 1).

Lena, L. A. N., Samiha, Y. T., Habisukan, U. H., Wigati, I., Hapida, Y., & Anggun, D. P. (2020). Studi Tentang Pengembangan Bahan Ajar E-Book. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020, 33–40.

Maemunatun, M. (2022). Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Proceedings Series On Social Sciences & Humanities, 9, 70–72. Https://Doi.Org/10.30595/Pssh.V9i.655

Marzuki, I. (2022). Efektifitas Pengembangan Model Blended Learning Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan Effectiveness Of Developing Blended Learning Models Educational. Jurnal Pembangunan Kota Tangerang, 1(1), 18–33.

Muttaqin, M. A. (2024). Hubungan Antara Motivasi Ekstrinsik Dengan Minat Bekerja Pada Perusahaan Bagi Siswa-Siswi Smk Ma’arif Nu 03 Larangan. 15(1), 37–48.

Nur Aini Indarwati, & Edy Suryanto. (2024). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Mind Mapping Dan Muatannya Pada Profil Pelajar Pancasila. Diajar: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 280–287. Https://Doi.Org/10.54259/Diajar.V3i3.2547

Nurul Huda Panggabean, Amir Danis, & Nadriyah. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran Ipa Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 204–218. Https://Doi.Org/10.46244/Tunasbangsa.V7i2.1177

Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. Https://Doi.Org/10.47861/Jdan.V1i1.154

Saragih, O., & Marpaung, R. (2024). Tantangan Dan Peluang: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Mandiri Berubah Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 4(3), 888–903. Https://Doi.Org/10.53299/Jppi.V4i3.632s

Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020, 1(3), 32–37. Https://Ejurnal.Mercubuana-Yogya.Ac.Id/Index.Php/Prosidingpsikologi/Article/View/1353/771

Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1–12.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Ningsih, A. M., & Jasiah. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Materi Rukhsah Berbasis Digital Mind Mapping Dengan Menggunakan Model Ross. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 173-181. http://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/293

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1-10 dari 107

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.