Pengembangan Bahan Ajar Materi Rukhsah Berbasis Digital Mind Mapping Dengan Menggunakan Model Ross
Kata Kunci:
Pengembangan, Bahan Ajar, Model Ross, Mind MappingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi Rukhsah berbasis digital mind mapping yang dapat menjadi sarana bahan ajar tambahan dalam membantu guru dalam mengajar serta dapat menjadi bahan belajar siswa. Selain itu, penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengevaluasi kevalidan dan kefektifan bahan ajar berbasis mind mapping ini. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Ross ( Marrison,Ross and Kemp). Peneliti hanya menggunakan 5 tahapan dalam model ini yaitu masalah pengajaran, karakteristik siswa, Analisis Tugas, Tujuan Pengajaran, dan urutan materi. Pengembangan ini menggunakan instrument lembar validasi ahli materi dan media serta angket respons siswa dan guru. Hasil penelitian ini adalah terciptanya bahan ajar berbasis mind mapping ntuk materi Rukhsah dan bahan ajar materi Rukhsah berbasis digital mind mapping ini layak digunakan sesuai dengan hasil validasi ahli materi dan ahli media serta uji coba dilapangan. Pengggunaan bahan ajar berbasis mind mapping dapat membantu guru dalam mengajar materi Rukhsah dengan lebih kreatif dan membantu siswa memahami materi Rukhsah dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian bahan ajar berbasis mind mapping pada materi Rukhsah yang dikembangkan dengan model Ross ini dapat membantu guru dan siswa dan bahan ajar ini dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran karena dinilai kreatif dan praktis. Kesimpulan ini didukung dengan respons guru dan siswa.
Unduhan
Referensi
Asiva Noor Rachmayani. (2021). Model Pembelajaran Addie Integrasi Pedati Di Smk Pgri Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19.
Isnawan, M. G., & Wicaksono, A. B. (2018). Model Desain Pembelajaran. In Indonesian Journal Of Mathematics Education (Vol. 1, Issue 1).
Lena, L. A. N., Samiha, Y. T., Habisukan, U. H., Wigati, I., Hapida, Y., & Anggun, D. P. (2020). Studi Tentang Pengembangan Bahan Ajar E-Book. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020, 33–40.
Maemunatun, M. (2022). Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Proceedings Series On Social Sciences & Humanities, 9, 70–72. Https://Doi.Org/10.30595/Pssh.V9i.655
Marzuki, I. (2022). Efektifitas Pengembangan Model Blended Learning Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan Effectiveness Of Developing Blended Learning Models Educational. Jurnal Pembangunan Kota Tangerang, 1(1), 18–33.
Muttaqin, M. A. (2024). Hubungan Antara Motivasi Ekstrinsik Dengan Minat Bekerja Pada Perusahaan Bagi Siswa-Siswi Smk Ma’arif Nu 03 Larangan. 15(1), 37–48.
Nur Aini Indarwati, & Edy Suryanto. (2024). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Mind Mapping Dan Muatannya Pada Profil Pelajar Pancasila. Diajar: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 280–287. Https://Doi.Org/10.54259/Diajar.V3i3.2547
Nurul Huda Panggabean, Amir Danis, & Nadriyah. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran Ipa Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 204–218. Https://Doi.Org/10.46244/Tunasbangsa.V7i2.1177
Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. Https://Doi.Org/10.47861/Jdan.V1i1.154
Saragih, O., & Marpaung, R. (2024). Tantangan Dan Peluang: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Mandiri Berubah Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 4(3), 888–903. Https://Doi.Org/10.53299/Jppi.V4i3.632s
Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020, 1(3), 32–37. Https://Ejurnal.Mercubuana-Yogya.Ac.Id/Index.Php/Prosidingpsikologi/Article/View/1353/771
Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1–12.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ana Melia Ningsih, Jasiah (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.